Buah Unik Khas Kalimantan


1. Buah Untit
Ini buah dapat kita temukan di hutan. Bagi kamu yang suka jalan-jalan ke hutan maksudnya alias to explore jungle dapat mencari buah untit. Untit nama yang aneh dan unik bukan. Entahlah bagaimana sejarah nenek moyang dan masyarakat sekitar sehingga buah tersebut dinamakan untit. Rasa buah ini ada asam dan manisnya. Ya mirip dengan rasa buah rambutan lumuan ( bahasa gaul nya warga Ampah), buah yang kulit nya nggak bisa dipisahkan. Ya rasanya mirip rambutan yang nggak manis.

2. Buah Kapul
Kulit buah kapul ini mirip kulit kayu. Buah ini mirip dengan buah manggis. Tapi bedanya pada ujung buah tidak terdapat bentuk bintang sedangkan di pangkal tangkainya tidak terdapat mahkota. Rasanya mirip dengan manggis. Daging buah kapul ini ada warna kuning dan putih.



3. Buah Cempedak
Kalau buah yang satu ini mungkin udah familiar. Ini bukan buah nangka tapi buah cempedak. Kulitnya memang sama dengan buah nangka tapi ukurannya lebih kecil. Rasa buahnya manis. Buah ini bisa dimakan semua lho termasuk kulitnya. Kedengarannya aneh ya, tapi warga Ampah sering memanfaatkan kulitnya diolah makanan sering disebut  denganmandai.  Dari  kulit, biji, dan daging  dapat dimakan. Ini sungguh lezat.

 4. Buah Kasturi
 Buah ini bentuknya seperti buah kedondong. Bentuknya yang mini tapi memiliki cita rasa yang dahsyat. Ini juga salah satu buah favorit ku. Rasanya manis seperti mangga tapi rasanya lebih khas dan nikmat.




 5. Buah Keledang
Kalau dilihat sekilas mirip buah cempedak dan nangka ya. Tapi buah ini namanya buah keledang. Memiliki bentuk bulat. Buah Keledang (Artocarpus lancifolius Roxb) termasuk FamiliMoraceae (suku nangka-nangkaan). Kerabat dekatnya buah Mentawa, Kluwih, Pintau, Cempedak, Sukun, Selanking, Benda, dan Nangka. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam. Tumbuh diberbagai jenis tanah dan umumnya dihutan tropis dan penuh dengan humus. Buah keledang termasuk salah satu buah buahan eksotis hutan Kalimantan  yangg tumbuh merata di seluruh daratan pulau ini. Buah ini rasanya manis dan daging buahnya terpisah dari bijinya seperti nangka. Sensasi rasanya merupakan campuran antara nangka dan manggis.

 6. Buah Asam Putar
Buah asam putar biasanya juga disebut asam pulasan. Buah ini merupakan jenis mangga unik yang ada di pedalaman Kalimantan. Buah ini memiliki rasa yang khas. Kenapa dikatakan buah asam putar? Hal ini dikarenakan biji buah ini bisa dilepas dari daging buahnya dengan cara diputar.



7. Buah Maritam
Buah maritam, jenis rambutan tidak berbulu. Memiliki bentuk ukuran yang kecil. Rasanya manis dan daging buahnya seperti rambutan.






8. Buah Ihau
Buah Ihau ya masyarakat sekitar meyebutnya buah Ihau. Buah Ihau merupakan buah asli Kalimantan. Bentuknya bundar sebesar kelereng dengan daging buah mirip klengkeng dengan rasa manis yang juga menyerupai rasa buah klengkeng.




9. Buah Lahung
Buah lahung nama yang sangat aneh. Setahu ku kata lahung itu berarti PSK. Entah lah apa hubungan kata lahung dengan pemberian nama buah ini. Mungkin ada legenda tersendiri. Buah jenis durian ini memiliki kulit berwarna merah dan dagingnya berwarana kuning.



10. Buah Tarap
Lagi-lagi kita jumpai nama buah yang aneh. Bukan sarap ya tapi tarap. Buah ini mengeluarkan aroma seperti buah cempedak pasti enak. Tapi bagi orang yang tak menyukai buah beraroma dia tak menyukai buah tarap ini. Namun buah ini rasanya nikmat.
11. Buah Durian Merah
Kalau kalian menyukai buah durian tentu akan menyukai buah ini. Kalau makan durian kan tentu pernah merasakan tapi buah durian yang satu ini unik. Buah ini memiliki rasa durian pada umumnya namun daging buahnya berwarana merah.







12. Buah Rambai
Musim buah Rambai ini setahun sekali ini. Buah 
rambai  berasa manis-manis masam, dengan buah yang
berisi 2-4 juring. Buah ini hampir mirip dengan langsat /  
Duku, yang membedakanya Rambai menyebar dari   
Indomalesia ke arah Pasifik Barat. Biasanya kemunculan  
buah rambai ini merupakan tanda bahwa musim buah akan  
segera berakhir.




Jika kalian liburan ke Kalimantan kalian dapat mencari buah-buah tersebut di pasar. Namun ada beberapa buah yang mungkin kita tidak akan temui di pasar perkotaan dan hanya ada di pedalaman. Jika ada kesempatan langsung aja jalan-jalan ke daerah hutan Kalimantan. Di hutan kalian akan menemui buah-buah yang unik dan khas.

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan juga tidak ada masalah

 
Copyright © 2013. iBlogaya . All Rights Reserved
Home | Tukar Link | Site map