8 Cara Mempercepat Koneksi Modem Smartfren


7 Cara Mempercepat Koneksi Modem Smartfren
Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mempercepat modem smartfren. Kita sudah mengetahui bahwa Smartfren merupakan provider internet yang menawarkan true unlimited. Tapi karena true unlimitednya, Pengguna smartfren pun semakin hari semakin banyak dan otomatis smartfren yang dahulunya I Hate Slow ini menjadi I Love Slow [Just for fun oke :) ]

Bukannya menjelek-jelekan smartfren tapi inilah kenyataanya. Semakin banyak pengguna smartfren maka bandwidth yang tersedia akan semakin menipis dan ujung-ujungnya akan memperlambat koneksi smartfren yang sobat punya.

Nah berdasarkan celotehan saya itulah, sekarang saya akan memberikan sedikit ilmu saya kepada sobat-sobat bagaimana membuat koneksi smartfren menjadi cepat !

1. Mengganti Settingan Default Smartfren

Kalau Settingan Defaultnya seperti ini

Name : Smart
Number : #777
User Name : smart
Password : smart

Coba ganti settingannya menjadi seperti ini (pilih salah satu)

Setting 1

Name : smart3
Number : *98#
Username : cdma atau wap
Password : cdma atau wap

Setting 2

Name : smart2
Number : *31*11111#
Username : cdma atau wap
Password : cdma atau wap

Setting 3

Name : smart3
Number : *98#
Username : cdma atau wap
Password : cdma atau wap

Dengan mengubah number, username dan password diatas berguna untuk mengganti channel lain dari layanan smartfren, karena channel defaultnya sering ramai digunakan.

2. Mengganti DNS

DNS merupakan singkatan dari Domain Name Server, yang merupakan sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP Adreess. Nah dengan mengganti DNS, Insya Allah Koneksi Smartfren sobat akan cepat.

Berikuat adalah DNS yang bisa digunakan oleh modem smartfren

Google Public DNS

Primary DNS : 8.8.8.8
Secondhary DNS : 8.8.4.4

Open DNS

Primary DNS : 208.67.222.222
Secondhary DNS : 208.67.220.220 

Level 3

Primary DNS : 4.2.2.1
Secondhary DNS : 4.2.2.2

GTEI

Primary DNS : 4.2.2.2
Secondhary DNS : 4.2.2.4

Norton

Primary DNS : 198.153.192.1
Secondhary DNS : 198.153.194.1

DNS Advantage

Primary DNS : 156.154.70.1
Secondhary DNS : 156.154.71.1

Cara Mengubahnya adalah sebagai berikut
1. Buka tab setting pada user interface
2. Checklist Use Following DNS Servers
3. Masukkan salah satu DNS diatas. Dan gantilah DNSnya sesuai dengan primary dan secondary
4. OK 

Kalau sobat menggabungkan cara pertama dan kedua boleh-boleh saja. Dan untuk memilih DNS yang bagus, saran Saya lebih baik menggunakan Google Public DNS.

3. Menggunakan Penguat Sinyal

Nah cara ketiga ini memang boleh dipakai boleh tidak. Dahulu saya tidak pernah memakai penguat sinyal buat modem saya dan alhasil modem smartfren saya tidak bisa connect. Tapi setelah saya diberitahu teman saya mengenai cara ini, alhamdulillah Modem Smartfren saya tiap hari dapat connect tanpa ada tulisan Authenticating terus menerus.

Caranya cukup simple kok buat seperti ini :


Gambar diatas merupakan penguat sinyal yang memakai kepingan CD (Compact Disk ! bukan CD itu ^_^) yang tidak terpakai. Sementara sesuatu yang bercahaya itu adalah kipas buat modem smartfren saya. Hitung-hitung menjaga agar modem saya tetap awet dan tidak rusak karena panas yang dihasilkan modem (akibat mencari sinyal). Atau mau cara lebih rumit, pakai Wajan Bolic ! hehe

4. Ubah Mode Selection

Mengubah Mode Selection dari Hybrid ke EVDO, dengan cara ini modem smartfren sobat hanya fokus untuk mencari sinyal EVDO saja. Caranya

1. Buka tab setting pada user interface
2. Cari kata-kata Mode Selection
3. Pilih EVDO Only
4. OK

5. Meningkatkan Kinerja Browser

Meningkatkan kinerja browser juga berpengaruh terhadap kecepatan modem smartfren, jadi tweak browser sobat-sobat ! Nanti saya akan buatkan Meningkatkan kinerja firefox dan google chrome

6. Meningkatkan Kinerja IDM

Jika sobat penggila download atau downloader mania, pasti menggunakan IDM (Internet Download Manager). Nih saya punya tips dan trick mempercepat download IDM supaya lebih cepat dan tidak ikutan lelet.

7. Menjaga Koneksi Agar Stabil

Kita juga mengetahui kalau smartfren itu kadang kala sering RTO alias Request Timed Out. Tidak ada koneksi yang terjadi mengakibatkan RTO sering terjadi, jadi sebaiknya sobat menggunakan tips dan trick Menjaga Koneksi Smartfren agar Stabil

8. Penutupan

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membawa laptop serta modem sobat ke BTS Smartfren yang ada didaerah sobat ! saya jamin 100% koneksi smartfren sobat akan secepat kilat !

Sekian semoga bermanfaat !

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan juga tidak ada masalah

 
Copyright © 2013. iBlogaya . All Rights Reserved
Home | Tukar Link | Site map